Saturday 28 March 2015

Selamat Jalan, Olga Syahputra!


Kemarin, dunia hiburan tanah air baru saja kehilangan sosok yang sangat kita cintai, Olga Syahputra. Ya, Olga meninggal dunia pada Jumat, 27 maret 2015 pukul 16.17 WIB di Singapura. Awalnya, gue mengetahui kabar tersebut lewat broadcast message di BBM. Namun, gue tidak langsung memberikan respons, karena gue menganggap itu hanya hoax semata. Maklum, bukan kali ini saja, ada broadcast message yang seperti itu. Sebelumnya, ada yang mengatakan dunia akan kiamat lah, Indonesia akan terkena hujan meteor lah, hingga ada yang bilang Justin Bieber meninggal karena tertabrak kereta api lah. Yaps, semua hanyalah hoax alias berita palsu. Oleh karena itu, gue tidak langsung percaya, jika ada pesan dari broadcast message di BBM.

Kenapa kali ini, gue menulis tentang Olga Syahputra? Mungkin bisa dibilang, gue adalah salah satu dari jutaan orang yang merasa sangat kehilangan akan kepergiannya. Apa ini terlalu lebay? Gue rasa tidak. Karena tidak bisa dipungkiri, hampir seluruh Indonesia kini ‘menangis’ akan kejadian ini. Siapa sih yang tidak tahu Olga Syahputra di Indonesia? Mulai dari bocah SD, tukang becak, sampai pejabat pun tahu siapa sosok Olga Syahputra. Sosok pemuda, yang selalu ceria dan mampu membuat siapa saja tertawa melihatnya dan melupakan sejenak kesedihan mereka.

Bahkan tidak sedikit, orang yang merasa sangat dekat dengan sosoknya, sekalipun orang itu tidak pernah bertemu dengannya secara langsung. Itulah yang disebut dengan, jauh di mata, tapi dekat di hati.

Bagi gue pribadi, Olga Syahputra adalah salah satu komedian terbaik yang pernah ada di Indonesia. Bukan karena penghargaan dan piala yang sudah ia raih, melainkan  karena cara ia ber-komedi yang begitu ‘polos’ dan sangat apa adanya. Ya, Olga merupakan seorang penghibur yang tampil dengan jati dirinya sendiri, tanpa harus menjadi orang lain. Dan gue salut akan hal itu! Tidak seperti jaman sekarang, di mana banyak anak alay berusaha ‘terkenal’ mengikuti trend yang sudah ada.

Selain itu, dari seorang Olga gue juga belajar, bahwa tidak perlu menjadi orang pandai dan berpendidikan tinggi untuk menjadi sukses. Namun bukan berarti, kalian harus drop out dari sekolah atau universitas, lalu berkata, “Buat apa gue sekolah, buat apa gue nyari ilmu, gue kan mau jadi artis. Daripada cari ilmu, mending cari sensasi aja, biar eksis.”

Satu lagi pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kejadian ini, yakni: hargailah tubuhmu! Ya, tidak bisa dipungkiri, meninggalnya seorang Olga Syahputra adalah karena ia tidak bisa ‘menghargai’ tubuhnya sendiri. Pola hidup yang serba instant, terlalu memforsir diri, dan kurangnya olahraga, merupakan sebagian kecil alasan dari meninggalnya Olga. Oleh karena itu, selagi masih muda, marilah kita mengubah pola hidup kita menjadi lebih baik. Karena akan percuma rasanya, bila kita memiliki banyak uang, tetapi memiliki tubuh yang tidak sehat. Percuma!

Bicara soal Olga Syahputra, gue jadi teringat dengan teman SMA gue, Sukron namanya. Ya, Sukron adalah salah satu fans berat dari Olga Syahputra. Hampir setiap hari, ia selalu berada di depan layar kaca hanya untuk menunggu aksi dari Olga. Bukan hanya itu saja, bahkan gue dan Sukron sempat berpikir untuk mencoba masuk ke sanggar teater karena terinspirasi akan sosok Olga. Namun sampai sekarang, keinginan itu masih belum kesampaian dan masih menjadi angan semata.

Sukron juga pernah bilang, kelak jika ia punya uang, ia ingin sekali ke Jakarta dan menyaksikan langsung penampilan dari Olga Syahputra. Ya, layaknya fans pada umumnya, akan selalu ada kepuasan batin, ketika kita bisa melihat idola kita secara langsung. Sekalipun, tidak sedikit materi yang harus kita ‘korbankan’ nantinya. Namun, mungkin kali ini, Sukron masih kurang beruntung, “Sabar wae yo, Kawan!”

Kini, sudah tidak ada lagi sosok Olga Syahputra di dunia ini. Kini, tidak ada lagi canda tawa yang bisa kita lihat dan kita dengar darinya. Namun gue percaya, semua karya dan juga kenangan yang ia tinggalkan, tidak akan pernah lekang oleh waktu. Selamat jalan Olga Syahputra, salah komedian terbaik Indonesia, semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di atas sana. Amin.

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

2 komentar:

Unknown said...

Dan setelah olga syahputra meninggal, muncul Sudono Salim yg siap berkaya di Indonesia dengan tulisan-tulisannya.

Unknown said...

Amin, Ngge, amin banget. Semoga saja begitu :D

Post a Comment