Saturday 14 March 2015

Pemuda Keren, Pemuda Mandiri!


Di tulisan kali ini, gue ingin sedikit berbagi pengalaman gue setelah mengikuti “Workshop Wirausaha Muda Mandiri” di JCC Senayan. Dari namanya saja, pasti kalian sudah tahu, kalau acara tersebut adalah acara dari Bank Mandiri. Acara rutin yang diadakan oleh Bank Mandiri untuk para pemuda yang memiliki ide kreatif di dalam dunia wirausaha. Kebetulan, kemarin gue dan juga Mahasiswa lain dari Universitas Budi Luhur, Jakarta, diberi kesempatan untuk hadir sebagai undangan di acara tersebut. Oiya, sebelumnya gue juga mau bilang, kalau acara kemarin sepenuhnya adalah GRATIS!!!

Semua dimulai pada saat hari Kamis, 12 Maret 2015, pukul 06.00 WIB. Pagi itu, gue dan Mahasiswa lain sudah berkumpul di depan kampus. Bersiap untuk segera naik ke atas bus yang sudah terparkir di depan gerbang. Sebuah bus mewah yang telah disediakan oleh pihak Bank Mandiri. Pukul 06.30 WIB, kami berangkat meninggalkan Universitas Budi Luhur dan langsung menuju ke JCC Senayan. Selang satu setengah jam kemudian, kami pun sampai di lokasi acara. Waktu yang cukup singkat, untuk sebuah perjalanan di tengah padatnya Ibu Kota.

Kira-kira, pada pukul 09.00 WIB acara pun dimulai. Choky Sitohang dan Tamara Geraldine sebagai MC kemudian resmi membuka “Workshop Wirausaha Muda Mandiri” pagi itu. Tidak lama berselang, beberapa penghibur kemudian naik ke atas panggung untuk menghibur kami. Mulai dari Penta Boys, lalu ada aksi kocak dari Stand Up Comedian, Jui Purwoto. Hingga pada puncaknya, JCC mendadak bergemuruh, pada saat Presiden R.I. Joko Widodo naik ke atas panggung dan memberikan sambutan di acara tersebut.

(Gambar: Ceritanya, Pak Jokowi lagi sambutan nih)

“Kalau mau masuk ke dunia wirausaha, gak usah banyak mikir. Masuk aja dulu, lalu langsung dijalankan. Pak kalau jatuh bagaimana? Kalau jatuh ya bangun lagi, bangkit lagi, dan di coba lagi!” Itulah sedikit kalimat yang dilontarkan oleh Pak Jokowi, dalam sambutannya di JCC kemarin.
Selain itu, Pak Jokowi juga sempat membahas soal zona nyaman di kalangan anak muda, “Kalau sudah nyaman, biasanya anak muda itu takut untuk ngambil resiko,” ungkapnya lagi.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara dan pembagian hadiah kepada para finalis yang telah lolos ke babak final. Sebelum akhirnya, acara resmi ditutup oleh penampilan memukau dari grup band, Nidji. Lalu, berapa hadiah yang diberikan kepada para finalis? Hmm, mungkin gue tidak bisa menyebutkan nominal, tapi intinya, hadiah untuk satu orang pemenang saja, itu sudah cukup untuk membiayai uang semester gue hingga 7 semester. Kebayang berapa banyak uang tersebut, kan? Apalagi, misal kalau uang itu dipakai tuk membeli cireng, mungkin satu DKI Jakarta bisa tenggelam oleh lautan cireng.

(Gambar: Narsis dulu sebelum balik ke kampus)

Jujur, bagi gue pribadi, acara pagi itu merupakan kebanggan tersendiri bagi gue. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya gue bisa melihat Presiden R.I secara langsung. Selain itu, banyak ilmu dan motivasi yang gue dapatkan dari “Workshop Wirausaha Muda Mandiri” tersebut. Pastinya, sepulang dari acara tersebut, kini gue menjadi punya satu mimpi baru. Mimpi apakah itu? Mimpi untuk datang lagi ke JCC Senayan tahun depan. Namun bukan untuk menjadi penonton lagi, melainkan menjadi finalis Wirausaha Muda Mandiri 2016.  Amin aja deh buat gue sendiri, karena kata Pak Jokowi, “Jangan takut mimpi tinggi, toh mimpi kan nggak bayar.”

Ingin lebih tahu tentang Wirausaha Muda Mandiri? Klik aja di sini, guys!

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

3 komentar:

Unknown said...

Pertamax Gan!
Btw, yang pakai jacket biru muda itu ganteng juga ya.. haha..

Unknown said...

Hehe, sakarep mu ae lah :D Sebelumnya, thanks udah mampir kesini (y)

Unknown said...

Gan, yang di foto itu kok gk ada keterangan nama-namanya sih?

Post a Comment