Saturday 14 February 2015

Valentine 2015 : Hari Kasih Sayang Di Tengah Duka


Hari Valentine, adalah hari kasih sayang yang jatuh tepat setiap 14 Februari. Hari yang selalu identik dengan pemberian cokelat atau bunga untuk orang yang kita sayang. Di Indonesia sendiri, Valentine biasa dirayakan oleh para kawula muda.

Biasanya, para cewek yang memiliki pasangan akan menunggu hingga pukul 00.01, tepat memasuki tangal 14 Februari. Berharap, cowoknya akan datang ke depan rumah membawa sekotak cokelat dan seikat bunga, lalu berkata, “Happy Valentine, Sayang!” Mirip seperti FTV di SCTV. Tapi kenyataannya? Nihil. Maklum, namanya juga cowok, mahkluk paling tidak peka di mata kaum perempuan.

Berbeda dengan cewek yang sangat senang menyambut hari Valentine, bagi cowok, Valentine adalah hari yang menyeramkan. Kenapa begitu? Karena, di hari inilah cowok akan merasakan bagaimana rasanya jatuh miskin dalam sehari. Bagaimana tidak miskin, ketika kalian harus membelikan cokelat, boneka, bunga, lalu nonton bioskop dan dinner bersama dengan si doi? Berbeda dengan di luar negeri, hari Valentine dirayakan dengan bertukar kado atau bertukar cokelat, jadi tidak ada akan membuat dompet jebol.

Selain itu, kendala terbesar bagi cowok pada saat Valentine adalah saat memberikan cokelat. Inilah reaksi cewek, jika diberikan cokelat berukuran kecil: “Kamu kok pelit banget sih sayang? Masak ngasih cokelat kecil banget sih,”  Dan ketika diberi cokelat berukuran besar: “Cokelatnya kok besar banget sih sayang? KAMU MAU BIKIN AKU TAMBAH GENDUT?! HAH?!” Hmm, serba salah.

Berbeda, dengan orang yang memiliki pacar, kegiatan para jomblo sangatlah berbeda di hari Valentine. Sudah bukan rahasia lagi, jika hal rutin yang selalu dilakukan oleh para jomblo dalam menyambut hari Valentine adalah selalu berdoa. Ya, berdoa agar turun hujan deras. Seperti kita ketahui juga, beberapa hari yang lalu Indonesia baru saja mengalami kejadian duka, akibat banjir yang hampir menggenangi seluruh kota di Indonesia. Apa itu akibat doa para jomblo? Bisa jadi, sih. Mengingat, populasi jomblo di Indonesia termasuk sangat banyak.

Bicara soal banjir, jujur gue sangat prihatin. Ketika orang lain mengalami kesusahan (akibat banjir), masih saja ada orang yang menjadikan hal itu sebagai bahan bercandaan. Tidak jarang di sosial media, kita akan menemui Meme yang menjadikan banjir sebagai bahan candaan / lelucon mereka. Apa itu lucu? Menurut gue, TIDAK. Mungkin, orang yang membuat meme-meme dan candaan tentang berita banjir adalah orang yang tidak memiliki rasa kemanusiaan sama sekali. Maybe.
(Gambar: Contoh Meme Tentang Banjir)

Bisa dibilang, tahun ini adalah hari Valentine paling kelam bagi warga Indonesia. Bagaimana tidak, di satu sisi, ada sebagian orang yang merayakan hari kasih sayang berasama pacar, orang tua, ataupun sahabatnya. Sedangkan, di luar sana, kita harus melihat saudara kita kesusahan, makan seadanya dan tidur dengan tidak nyenyak di posko pengungsian. Alangkah baiknya, daripada kita merayakan hari Valentine dengan bersenang-senang, lebih baik kita merayakan bersama korban bencana banjir. Entah itu, dengan memberikan sumbangan seikhlasnya berupa doa atau materi, ataupun ikut menjadi relawan bagi korban banjir. Ya, setidaknya di hari kasih sayang ini, kita masih memiliki rasa peduli terhadap saudara kita di luar sana.

So, inilah hari Valentine, 14 Februari 2015 di Indonesia: Hari kasih sayang di tengah duka.

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi coment box di bawah J

2 komentar:

Unknown said...

Hai donski... coba diperhatikan lagi EYD nya, udah bagus bgt artikel nya seru dibaca. Tp coba beberapa kalimat diliat tanda baca nya sama kata nya :p.

Salam manis.

Unknown said...

Terima kasih Rima udah ngingetin, yah. Nanti gue pasti akan belajar terus kok, untuk lebih baik lagi :) hehe

Post a Comment