Thursday 30 July 2015

Akinator: Game Ini Bisa Baca Pikiran Kamu, Loh!


Kali ini, berbeda dengan postingan biasanya, gue ingin bicara mengenai game.  Berawal dari menonton video Youtube, Edho Zell, mendadak gue jadi tertarik membahas sebuah game bernama, Akinator. Yaps, Akinator: The Web Genius alias si Om Jin dari dunia maya. Sudah pernah dengar game tersebut? Atau, mungkin kalian sudah pernah memainkannya?

Bagi yang belum tahu, Akinator ini adalah game yang bisa dimainkan secara langsung di PC melalui (www.akinator.com). Jika ingin memaikan di gadget atau smartphone, kalian juga bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Lalu, cara mainnya seperti apa? Nah, inilah yang membuat gue tertarik untuk mencoba game ini, karena cara bermainnya yang unik banget. Jadi, dalam game ini, katanya si Genie atau Om Jin bisa membaca pikiran kita dan juga menebaknya. Kok bisa? Caranya gimana?

Kepo kan? Kalau begitu, langsung saja baca semua ulasannya di bawah ini!

Pertama, untuk memulai game ini, jangan lupa untuk klik “play” pada layar. Oiya, catatan penting, sebelum mulai bermain, pastikan kalian sudah memiliki satu orang karakter atau tokoh di dalam pikiran kalian. Karakter tersebut, boleh dari dunia nyata (baca: manusia sungguhan) maupun animasi atau kartun. Bebas! Siapapun boleh kok.

Kedua, waktunya bermain. Ketika kalian sudah mengeklik “play”, maka akan muncul sebuah pertanyaan. Di sini, tugas kalian hanya perlu memilih satu jawaban saja, Yes, No, Don’t Know, Probably, & Probably Not. Pertanyaan yang muncul, akan menjadi clue bagi si Om Jin untuk menebak apa yang kita pikirkan. Biasanya, kalian akan ditanyai tentang ciri-ciri dari karakter atau orang yang sudah kalian pilih. Misalnya, “Apakah orang yang Anda pikirkan, merupakan seorang cewek?” Kalau benar, jawablah Yes, sebaliknya kalau tidak, jawablah dengan, No, atau jika ragu, kalian bisa memilih Don’t Know atau juga, Probably.

Contoh pertanyaannya kayak gini, nih
Hmm, mungkin kalau kalian ingat, permainan ini hampir mirip seperti “Indonesia Cerdas” di acara Eat Bulaga Indonesia. Ketika kalian mendapatkan clue dari teman kalian, maka kalian hanya perlu berkata: “Iya, Iya, Tidak, Tidak, Bisa Jadi, Bisa, Bisa!!!” Semakin banyak clue yang diketahui, maka akan semakin gampang pula si Om Jin Akinator ini untuk membaca pikiran kita.

Permainan awal, gue memilih untuk memikirkan tokoh animasi favorit gue sejak kecil. Sesosok tokoh kartun berupa manusia dari Jepang. Dia merupakan pendekar pedang yang sangat tangguh dan memiliki rambut berwarna hijau. Kalian pasti tahu, kan? Dan benar saja, setelah gue menjawab beberapa pertanyaan (sekitar 25 question) dari si Om Jin, ternyata dia bisa menebak pikiran gue! Dia bisa tau, kalau gue sedang memikirkan, Roronoa Zorro (tokoh dalam Film: One Piece). Keren! Seketika, gue langsung terkagum dengan game tersebut dan bergumam: “Kok bisa, ya? Apa jangan-jangan, ada sinyal khusus dari game ini, yang bisa menembus ke dalam otak gue?”

Ekspresi 'alay' si Om Jin waktu menang
Mungkin, percobaan pertama si Om Jin hanya sekedar hoki saja. Gue pun mencoba lagi. Kali ini, gue mencoba untuk memikirkan seseorang yang lagi dekat dengan gue. Seorang gadis cantik, pintar, dan sudah lama membuat hati gue menjadi klepek-klepek. Oiya, kalau bagian ini, gue sedang memikirkan perempuan asli loh ya, bukan lagi dari anime atau kartun. Siapakah dia? Dia perempuan dari Bandung, kisaran usia antara 20-25 tahun, berprofesi sebagai penyanyi, dan yang terakhir: perempuan ini sangat senang sekali makan Pocky dan minum Pocari Sweat. Sudah tau, kan? Ya benar sekali, dia adalah (calon) gebetan gue, Melody JKT 48. #Ngarep.com

Maaf ya cantik, diam-diam aku udah mikirin kamu. #Eaaa
Masih merasa penasaran, gue pun kembali menyiapkan pikiran gue untuk melawan si Om Jin. Kali ini, gue sangat optimis, si Om Jin tidak bisa menebak pikiran gue lagi. Kenapa begitu? Karena, orang yang gue pikirkan bukanlah dari kalangan seleb. Dia hanyalah seorang Pria biasa-biasa saja, dibilang jelek nggak, tapi ganteng juga nggak. Yes, that Boy is Me!

Kenapa gue memikirkan diri gue sendiri? Karena, gue ingin melihat, seberapa hebat si Om Jin ini. Soalnya, dari beberapa kali bermain, tokoh yang selalu gue pikirkan selalu dari kalangan yang sudah terkenal saja. Selain itu, gue juga ingin menguji dan mengetahui seberapa famous-nya gue di dunia maya. Pertanyaan demi pertanyaan pun muncul. Nampak si Om Jin, sudah mulai kewalahan dan tidak bisa menebak apa yang gue pikirkan. Tetapi semua berubah, setelah muncul pertanyaan seperti di bawah ini.

Kamfret, bahkan mikirin diri sendiri, dia juga bisa tau loh!
Yah, ternyata Om Jin bisa menebak, kalau orang itu adalah gue sendiri. Salut! *tepuk tangan 1x aja.* Setelah mencoba sekian kali, akhirnya gue mengaku kalah dari Om Jin Akinator ini.  Di satu sisi, gue berani memberikan 10 jempol untuk game Akinator ini. Keren! Namun di sisi lain, ada satu hal yang membuat gue sangat kecewa. Gue merasa tidak diperlakukan dengan “selayaknya” oleh game ini. Dan gue bisa bilang, bahwa ini merupakan bagian terburuk dari game ini.

Gue mohon, tolong jangan lihat foto di bawah ini, Pliissss!!!

Iya sih, bener. Tapi, masak gue dibilang monyet? :( 
Bisa dibilang, Akinator merupakan salah satu game paling keren saat ini. Sebuah game nan begitu kreatif dan sangat menghibur. So, kalian harus segera download Akinator dan rasakan langsung sensasinya, ketika pikiran kalian bisa dibaca oleh si Om Jin dari dunia maya ini.

Tapi ingat, pada saat main game ini, jangan pernah mikirin yang aneh-aneh. Jangan mikirin orang yang tidak seharusnya buat dipikirin, misalnya: mikirin mantan. Memangnya, nggak malu apa sama si Om Jin, hari gini masih aja mikirin mantan? Kecuali, kalau si doi (baca: mantan) juga mikirin kamu sih, itu boleh-boleh aja. Hmm.... Tapi kan masalahnya, itu MUSTAHIL! Ah sudah lah, intinya, siapa pun yang kalian pikirkan, jangan lupa mencoba game Akinator ini dan salam buat Om Jin, ya!

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

5 komentar:

Unknown said...

ane udah ngalahin nih jinjawaban si jin salah wkwk

Unknown said...

Mungkin, waktu itu si Om Jin sudah mulai lelah dia :D haha

Unknown said...

wah, lagi marak nih di perbincangkan sama kawan2 kampus, kirain game apaan, haha
keren2... ngomong2 ngak ada link downloadnya nih? hehe

Unknown said...

Wajib coba nih, Bro! Kalo mau main atau download, langsung aja ke www.akinator.com

Chanssat Satya said...

wow keren sob mau coba dulu

Post a Comment