Friday 19 June 2015

Dibalik Proses: Video Klip Dadakan


Judul Lagu          : Lebih Indah
Penyanyi             : Adera
Jenis                   : Video Klip Unofficial
Model                 : Tiara Riyapaticani
Kameramen        : Gue sendiri (Dono Salim)
Editor                  : Masih, Gue Sendiri (Dono Salim)

Kali ini, gue ingin sedikit membahas tentang video Youtube di atas. Yaps, video tersebut adalah hasil karya gue sendiri. Lebih tepatnya, hasil karya sendiri dan dibantu oleh teman gue yang sangat baik hati, yakni Tiara.

Video di atas, sebenarnya tercipta karena hasil paksaan orang lain. Mengingat, video ini adalah hasil dari tugas UAS kuliah gue dalam mata kuliah Teknik Fotografi dan Audio Visual. Untuk lokasinya sendiri, semua adegan gue ambil di kampus tercinta, Universitas Budi Luhur. Termasuk, adegan di kandang merak dan kantin FTV. Sebelumnya, kenapa gue sebut kantin FTV? Karena, kantin tersebut memang merupakan langganan untuk syuting FTV. Setidaknya, itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri, bagi gue sebagai Mahasiswa Universitas Budi Luhur :D

Baiklah, mari kembali membahas proses pembuatan video. Mungkin, video yang gue hasilkan ini, terbilang biasa saja dan cenderung jelek, bila dibandingkan dengan video yang ada di Youtube. But, no problem. Gue tetap merasa puas kok, dengan apa yang sudah gue hasilkan. Mengingat, ini adalah pertama kalinya gue membuat sebuah karya dalam bentuk video. Memang aneh rasanya, ketika biasanya gue berkutat dengan layar Microsoft Word dan Blogger, lalu kini harus beralih ke layar kamera Canon 600D dan Windows Movie Maker (aplikasi editing foto dan video). Namun, tidak akan ada kata “tahu” jika kita tidak pernah mencoba. Dan kini, sekarang gue sudah tahu, bagaimana membuat dan mengedit video itu ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Terakhir, gue ingin mengucapkan terima kasih kepada Tiara, karena sudah membantu menyelesaikan tugas UAS gue. Walaupun, prosesnya tidak se-bahagia yang terlihat di dalam hasil akhir video klip, loh. Berawal dari take yang harus diambil berulang-ulang, karena Tiara merasa malu, ketika harus joget tidak jelas di depan umum. Lalu, masalah berikutnya, ketika sedang shoot dan tiba-tiba baterai kamera mendadak habis. Hingga, ketika tangan Tiara hampir dipatok oleh burung merak, yang kala itu sedang sensitif bagaikan cewek PMS. Namun, selebihnya terbayarkan dengan kepuasan, walaupun masih terbilang jauh dari kata “bagus” atau bahkan “sempurna,” tapi setidaknya gue sudah berani mencoba untuk berkarya. Heheh.

Jangan lupa, tonton videonya di sini Adera - Lebih Indah (Videoclip Unofficial), ya!

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

0 komentar:

Post a Comment