Sunday 5 July 2015

Kamu Puasa? Jangan Lakukan Hal Ini, Ya!



Bulan puasa, bulan penuh berkah. Begitulah, kata-kata orang yang tengah menjalankan puasa. Namun, pada kenyataannya tidaklah mudah untuk mendapatkan berkah di bulan puasa. Kita harus bisa melewati yang namanya ‘godaan’ terlebih dahulu. Godaan yang dimaksud adalah godaan menahan rasa haus dan lapar, serta juga hawa nafsu.

Ngomong-ngomong, sekarang kalian masih puasa, kan? Nah, di tulisan kali ini, gue ingin membahas, hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat puasa. Gue harap sih, semoga lewat tulisan ini, bisa membantu puasa kalian jadi lebih baik dari sebelumnya. Hmm, semoga saja begitu.
Tanpa basa-basi, mari langsung simak tulisan gue di bawah ini!

Mendadak Lupa Saat Puasa

Perbuatan ini sebenarnya dilarang saat puasa, namun sangat sering dilakukan. Ayoo ngaku, siapa yang pernah melakukannya? Momen dimana, ketika kalian mendadak menjadi orang yang pelupa di saat bulan puasa. Misalnya, lupa kalau tidak boleh makan dan minum saat puasa, lupa kalau tidak boleh ngomongin orang saat puasa, lupa kalau punya banyak hutang, atau bahkan, lupa kalau sudah terlalu lama menjomblo. #Jleb.

 Contoh nyatanya, seperti di bawah ini :

“Eh, lo kok minum sih? Gak puasa, ya?” tanya seorang cewe, melihat temannya yang sedang asyik minum Es Degan.

“Hah? Puasa? Emang ini bulan puasa, ya?” jawab si teman dengan wajah bingung.

“Lah, kan ini udah mau masuk minggu ke-2. Gimana sih?” tanya si cewe lagi dengan sewot.

“Oiya, gue lupa, ternyata gue nggak puasa, karena gue lagi ‘dapet’ nih. Lagi ‘M’, gitu deh” jawabnya lagi, coba membela diri.

“Njir, Lo kan cowo! Gak mungkin bisa ‘dapet’ -___-”

“Oiya, gue lupa lagi. Maaf ya,”

Berpikir Jahat

Menurut gue, bulan puasa bukan hanya ajang untuk melakukan perbuatan yang baik, tapi juga harus berpikir yang baik. Apalah artinya kalau perbuatan kalian sudah se-cemerlang berlian, tapi pikiran kalian masih busuk seperti sampah? Itu sama saja dengan, omong kosong! Kalau memang ada yang mengganjal dan membuat kalian tidak nyaman, jangan dipendam saja, tapi ungkapkan.

Pikiran jahat bukan hanya cara pikir kita memadang orang lain, namun bisa juga pikiran yang bersifat jorok alias mesum. Mesum di sini sendiri, mungkin tidak usah gue jelaskan lebih jauh, kalian pasti sudah paham, kan? Ya, salah satunya, seperti menonton video GOYANG DRIBLE di bulan puasa. Kenapa di capslock? Karena, GOYANG DRIBLE memang identik dengan hal-hal yang ‘besar.’ Eitts, jangan berpikir yang aneh-aneh ya, ini lagi bulan puasa, loh!

Ingat, Tuhan bukan hanya melihat seberapa banyak kalian menyumbang atau menolong orang di pinggir jalan, tapi Ia juga melihat seberapa ‘baik’ pikiran kalian.

‘Mencuri’ Takjil Gratis

Takjil atau makanan untuk berbuka puasa, biasanya sangat mudah dijumpai di pinggiran jalan. Bahkan, tidak sedikit juga orang atau perusahaan yang membagikan takjil secara gratis. Namun, gue agak sedikit tidak habis pikir, melihat orang yang dengan sengaja ‘mencuri’ takjil gratis. Maksudnya? Banyak orang yang sudah memperoleh takjil gratis, namun mereka tetap tidak puas dengan takjil tersebut. Bahkan, tidak jarang ada orang yang dengan sengaja, pindah dari satu tempat ke tempat lain hanya untuk mengumpulkan takjil gratis. Lalu, bagaimana nasib orang-orang yang sedang berpuasa dan tidak puasa pulang ke rumah karena macet di jalan, tapi jatah takjil yang seharusnya untuk mereka justru kalian habiskan?

Memang, isi dari takjil itu apa, sih? Cuma gorengan, kurma, dan segelas air putih, kan? Tapi, kenapa kalian sampai begitu senangnya, ketika bisa mengumpulkan banyak takjil gratis? Gue tahu, takjil memang dibagi secara gratis dan siapa saja boleh mendapatkannya. Namun, seharusnya kalian sadar diri saja dan memiliki rasa malu, karena sudah ‘mencuri’ jatah takjil untuk orang yang lebih membutuhkan.

Makan-Minum Tapi Sembunyi

Jujur, setiap kali bulan puasa, gue selalu menghargai teman-teman yang berpuasa. Gue selalu ‘bersembunyi’ dari mereka, ketika sedang makan dan minum. Namun, ada kalanya, tidak selamanya kita harus melakukan hal tersebut. Karena apa? Puasa yang sebenarnya adalah puasa yang didasari oleh niat. Kalau sudah didasari oleh niat, segala godaan seperti apapun pasti bisa teratasi. Namun, yang tidak berpuasa juga harus tahu diri. Jangan sampai, mentang-mentang tidak puasa, kalian dengan sengaja bilang begini ke teman :

“Hmm, ini mie ayam enak banget, Sumpah! Lo mau, gak? Pesan aja, gak usah malu, nanti gue yang bayarin deh.”

Bawa Embel-Embel ‘Puasa’

Gue paling sebal, ketika ada teman yang sedikit-sedikit membawa embel-embel ‘puasa’ di dalam segala hal. Misalnya seperti ini :

“Hadeh, pingin marah deh, tapi untung gue PUASA hari ini,” atau, “Tadi UAS susah banget, ya? Tapi gue gak nyontek sih untungnya, kan gue PUASA hari ini,” atau bahkan, “Lo tau gak, tadi gue hampir ngambil uang Bokap di lemari, loh! Tapi gak jadi sih, untungnya gue masih PUASA.”

Semua orang tahu kok, kalau kalian sedang puasa. Lagipula, namanya juga lagi bulan puasa, ya pasti waktunya orang untuk puasa lah. So, please deh, tidak mengumbar kata-kata “Gue lagi PUASA nih,” dan jalani saja semua seperti biasa, karena tidak semua kebaikan itu harus ditunjukkan.

Ya, mungkin itu saja bahasan singkat gue seputar hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat bulan puasa. Sebelumnya, gue membuat tulisan ini, bukan untuk menggurui, men-judge, atau bahkan menghina siapapun. So, semoga tulisan gue kali ini, bisa bermanfaat bagi kalian semua. Selamat menjalankan ibadah puasa dan keep spirit, guys!

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

2 komentar:

CPZERO said...

nice post gan :D

ane paling suka nglakuin poin paling atas
hehehehee.....

Anonymous said...

ahaha point pertama beneran bikin ngakak, itu orang udah tua banget kali.. pikun nya gak karuan.. but nice share, tuhan emank maha tau, jadi saat berpuasa harus selalu mengikuti aturannya dan jauhi larangannya agar dapat pahalanya (tapi yg penting harus ikhlas menjalaninya)

Post a Comment