Thursday 23 July 2015

Mitos-Mitos Paling Aneh di Indonesia


Mitos, kali ini gue akan membahas soal mitos. Sebelumnya, mitos sendiri bukanlah sebuah permen rasa mint (baca: maksudnya Mentos), melainkan sebuah cerita prosa rakyat dan belum tentu jelas kebenarannya. Kalian pasti pernah mendengarkan mitos saat kecil dari teman atau orang tua kalian, kan? Reaksi kalian pun pasti berbeda-beda, ketika mengetahui tentang sebuah mitos. Ada yang percaya, penasaran, atau bahkan sampai merasa ketakutan.

Setiap daerah atau negara pasti memiliki mitos yang berbeda-beda, begitu juga di Indonesia. Nah, oleh karena itu, kali ini gue ingin membahas tentang mitos-mitos paling aneh di Indonesia. Baiklah, tanpa basa-basi, langsung saja mari simak semuanya di bawah ini!

Menyapu Tidak Bersih? Dapat Pacar Berewok!

Pernah dengar mitos ini, kan? Pasti pernah dong? Bagi gue, tentu saja ini merupakan mitos yang tidak masuk akal dan sangat merugikan bagi kaum lelaki. Kenapa gue bilang merugikan? Sekarang bayangkan saja, kalau misalkan yang menyapu adalah perempuan dan hasilnya tidak bersih, apa yang akan terjadi? Kalau beruntung mereka akan mendapatkan jodoh seperti Ridho Rhoma, sedangkan kalau sial pun, paling mereka akan mendapatkan jodoh seperti Adam. Stop! Bukan Adam Levine loh, tapi Adam Inul.

Unyu juga, ya? Boneka Marsha-nya!
Gue tidak habis pikir, kalau misalkan hanya gara-gara menyapu tidak bersih, gue akan mendapatkan jodoh seperti, Chelsea Islan. Ya, namun Chelsea Islan dengan versi berewok dan kumis tebal di bagian wajahnya. No! Amit-amit deh. *ngelus dada*

Duduk / Tidur Di Depan Pintu? Sulit Dapat Jodoh!

Mblo, setelah kalian dewasa, apa kalian masih percaya dengan mitos ini?

Entah, hanya kebetulan atau mitos ini memang benar adanya, tapi gue masih ingat kalau dulu gue sering duduk dan tiduran di depan pintu loh. Terus? Hmm, iya, sampai sekarang gue masih belum mendapatkan jodoh alias JOMBLO! :’(  Err ~ lupakan.

Tips dari gue sih, kalau kalian mau aman, mending jangan pernah tiduran di depan pintu. Serius! Apalagi, kalau lo tiduran di depan pintu kamar tetangga.

Sakit Perut? Genggam Batu!

Siapa yang pernah kayak begini waktu kecil? Terkahir pas SMP dulu, gue pernah iseng mencoba trik ini dan kalian tahu apa hasilnya? Ora onok! Lagipula, apa hubungannya coba, sakit perut atau kebelet BAB dengan megang batu? Yang ada, kalau sakit perut ya megang Diapet atau Entrostop lah, itu lebih masuk akal. Ingat, batu itu bukan untuk sakit perut, tapi untuk bikin cincin.

Duduk di Atas Bantal? Bikin Bisulan!

Kalau ini memang tidak ada hubungan juga sih, antara duduk di atas bantal dan bisa membuat bisulan. Di Jepang sendiri, justru ketika mereka sedang duduk pasti akan selalu menggunakan bantal. Walaupun tidak terbukti kebenarannya, gue sih setuju kalau bantal tidak boleh diduduki, karena memang itu tidak sopan. Masak iya, tempat untuk kepala dibuat untuk pantat?

Gigi Copot? Dilempar ke Arah Sebaliknya!

Mitos ini biasanya selalu terjadi dan dipercaya di kalangan anak kecil. Bagi gue, jelas ini mitos yang sangat konyol. Katanya, kalau ada gigi kita yang copot, maka harus dilempar ke arah sebaliknya. Misalkan, gigi bawah kita copot, maka kita harus melemparkan ke atas genteng dan sebaliknya kalau gigi atas kita copot, berarti kita harus melemparnya ke bawah tanah. Buat apa coba?! Absurd banget, kan? Dan begonya, dulu gue percaya dan pernah melakukan hal tersebut. Hmm...

Mengusir Hujan? Pakai Sapu Lidi!

Alat ajaib pengusir hujan dari Indonesia
Nah, kalau mitos ini sendiri, gue belum pernah mecoba atau pun melihat secara langsung. Namun, gue sering dengar dari orang dulu di desa gue, katanya sih mitos ini memang benar. Ketika sebuah sapu lidi, ditancapkan di tanah serta dibacakan mantra-mantra, maka cuaca yang tadinya mendung atau akan turun hujan, mendadak akan menjadi cerah seketika. Wow! Biasanya sih, kebiasaan ini selalu dilakukan untuk acara-acara penting, seperti misalnya hari pernikahan gitu.

Ngintip Orang Mandi? Mata Bintitan!

What? Kata siapa? Kalau ini sih, gue jamin hanyalah mitos belaka. Bukan, maksudnya bukan gue yang mengintip loh, ya. Serius, bukan gue! Maksud gue, dulu ada teman gue yang pernah ngintip dan selang beberapa hari dia tetap sehat-sehat saja kok, matanya pun nggak bintitan. Tapi tetap sih, bintitan atau gak bintitan, sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini, karena merupakan perbuatan yang tidak sopan. Apalagi, kalau lo seorang cowok dan ngintipnya malah bapak-bapak lagi mandi. Please, jangan! Tapi pengecualian sih, kalau ternyata lo emang doyan. #Eh

Serutan Pensil Ditiup? Bisa Tumpul!

Pernah nggak sih, ketika kecil dulu kalian akan meniup serutan pensil yang kotor, tiba-tiba ada teman yang berkata, “Jangan ditiup, Bro! Nanti serutan lo bisa tumpul, loh,” dan seketika kalian pun menjadi takut untuk meniup serutan lagi. Pernah? Kalau soal mitos ini, gue juga belum tahu kebenarannya. Mungkin, kalian bisa tanyakan langsung ke @KakSetoMulyadi, siapa tau dia bisa menyelesaikan problema ini.

Ngeliat Orang Sakit Mata? Bisa Ketularan!

Dulu gue sempat percaya dengan mitos ini, namun setelah gue pikir-pikir, ternyata mitos ini  tidak masuk akal juga. Saking penasarannya, sebelum menulis tentang mitos ini, gue sempat searching di Google dan menurut informasi dari kolom Detik Health di detik.com, ternyata semua itu tidak benar.

Kan sayang banget, hanya gara-gara sakit mata kita tidak bisa menatap mata seseorang. Apalagi, kalau orang yang sakit mata itu cakep bin kece, pastinya sayang dong, kalau kita harus melewatkan tatapan ke mata indahnya. #SokSweet

Makan Nasi Gak Habis? Nasi Bisa Nangis!

Mungkin, bagi sebagian orang mitos ini lucu dan tidak masuk akal, namun gue justru berpikir sebaliknya. Gue melihat ada pesan tersirat dari mitos ini. Ya, jujur, gue perihatin melihat kelakuan anak jaman sekarang yang ‘semaunya’ saja dengan nasi. Maksudnya, ketika mereka sudah merasa kenyang sedikit atau tidak suka dengan masakan yang ada, maka mereka akan membuang nasi tersebut. Hmm, sungguh perbuatan yang menyedihkan.

Masih tega lo, mau menyia-nyiakan makanan?!
Sekenyang-kenyangnya saat makan, gue pasti akan menghabiskan apa yang menjadi makanan gue dan tanpa menyisakan sisa sedikit pun, termasuk juga nasi. Gue tahu, kalau nasi tidak akan pernah bisa menangis, tapi gue percaya, kalau petani bisa menangis. Ya, mereka pasti akan menangis, ketika tahu kalau setiap butir dari hasil usaha mereka ternyata dibuang begitu saja. Selain itu, belum tentu saudara kita di luar sana bisa menikmati nasi setiap hari. So, nggak peduli lo anak orang kaya atau Presiden sekalipun, tetap hargailah petani kita dan jangan pernah menyia-nyiakan makanan yang sudah ada.

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit tentang mitos-mitos aneh yang ada di Indonesia. Terserah, apakah kalian mau percaya atau tidak dengan semua mitos di atas. Intinya, ambilah nilai-nilai positifnya saja dari semua mitos tersebut. Oke?

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar sharing, silahkan isi comment box di bawah J

0 komentar:

Post a Comment